Proses Pembuatan SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )

ilustrasi_izin1

Udah nyiapin  persyaratan untuk membuat SIUP ? masih bingung sama prosesnya ? perhatikan baik-baik artikel ini yah, karena artikel ini akan membahas tentang proses pembuatan SIUP

Yang pertama, Ngambil Formulir pendaftaran surat permohonan di Kantor Dinas Perdangangan, kamu yang menjabat sebagai pemilik usaha bisa dateng langsung deh ke Kantor Dinas Perdanganan, atau juga bisa kamu pergi ke pelayanan Perizinan setempat, tapi kalo kebetulan kamu lagi padat jadwalnya, kamu bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk membuatkan SIUP anda, dengan syarat turunnya surat kuasa tentunya.

Yang Kedua, Isi Formulirnya, kalo kamu udah dapet nih fomulirnya, segera isi dengan data yang tersedia dan diminta oleh formulir tersebutm dan bubuhi tanda tangan diatas materai, oleh Kamu Atau Direktur Utama, Atau Penanggung Jawab Perusahaan, Nah kalo udah lengkap kamu fotocopy deh sebanyak 2 rangkap dan nantinya digabung dengan berkas yang lainya,

Jika kasusnya, anda menggunakan orang lain untuk membuat SIUP maka anda sebagai pemilik perusahaan wajib membuat surat kuasa dan bermaterai yang di tanda tangani diatasnya..

Setelah  pengisian Formulir dan telah diserahkan kepetugas terkait, selanjutnya adna tinggal membayar tari pembuatan SIUP, tari di tiap daerah berbeda-beda, karena diatur oleh peraturan daerah masing-masing.

Yang terakhir, pengambilan SIUP deh, waktu tunggunya sekitar dua minggu, Nanti setelah SIUP jadi, kamu bakalan dihubungi oleh petugas dan kamu bisa datang ke kantor Dinas Perdanganan untuk mengambilnya

Gimana mudahkan? Ayo budayakan meminta izin dengan hormat sebelum memulai sesuatu, jangan suka main suap yah, karena dosa nya itu adalah untuk orang yang menyuap dan yang disuap. Sama sama rugi.

Owhh Iyah, nih barangkali kamu mau tahu gimana sih bentuk Formulir Permohonan untuk SIUP itu? Kurang lebinya sih seperti dibawah ini.

FORMULIR PERMOHONAN SURAT IZIN USAHA PERDAGANGAN

(SIUP KECIL/MENENGAH/BESAR)

Nomor: …………………………

Kepada Bupati {Nama Kabupaten/Kotamadya}

Cq. Kepala Kantor Pelayanan Perizinan

Terpadu Satu Pintu

Kabupaten/Kotamadya {Nama Kabupaten/Kotamadya}

  1. Maksud Permohonan Izin: Memperoleh SIUP
  2. Identitas Perusahaan
  3. Nama Perusahaan : …………………..
  4. Bentuk Perusahaan  : …………………..
  5. Merek   : …………………..
  6. Alamat Perusahaan   : …………………..

          Lokasi Perusahaan                               : …………………..

          Nomor Telepon/Fax                             : …………………..

          Status Tempat Usaha                         : …………………..

  1. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) : …………………..

III. Identitas Pemilik/Direktur Utama/Penanggung Jawab Perusahaan

  1. Nama Lengkap    : …………………..
  2. Tempat/Tanggal Lahir         : …………………..
  3. Alamat Rumah : …………………..
  4. Nomor Telepon/Fax   : …………………..
  5. Istri/Suami
  6. Nama                     : …………………..
  7. Kewarganegaraan  : …………………..
  8. Modal Disetor dan Kekayaan Bersih (Netto): Rp200.000.000,-

Perusahaan seluruhnya tidak termasuk tanah dan tempat usaha.

  1. Kegiatan Usaha:
  2. Kelembagaan     : …………………..
  3. Bidang Usaha (sesuai KLUI)     : …………………..
  4. Jenis barang/Jasa Dagangan Utama : …………………..

Jakarta, ………………………………

Pimpinan Perusahaan,

(                                              )

Namun perlu diketahui bagi anda yang masih bingung mengenai proses pembuatan SIUP anda bisa langsung datang ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk konsultasi secara langsung bagaimana cara membuat perizinan usaha dari bkpm biar semua jelas dan surat perizinan usaha anda cepat keluar .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *