Asuransi Mobil? Butuh yang Seperti Apa yaa?

We’ll never know how future be like. Karenanya, penting bagi kita untuk menyiapkan diri untuk hal-hal tak terduga, dan dari sekian banyak list yang perlu disiapkan, asuransi masuk dalam list teratas. Nggak hanya untuk kebutuhan badan, asuransi juga perlu kita pikirkan untuk aset-aset yang kita miliki. Seperti untuk kendaraan pribadi misalnya.

Mengingat mobilitas sudah jadi kebutuhan penting, nggak heran banyak orang yang berinisiatif mengasuransikan tunggangan pribadinya. Sebenarnya asuransi standar sudah ada untuk mobil-motor yang dalam masa pelunasan, tapi setelah cicilan lunas, kita bisa melanjutkan untuk melindungi kendaraan kita dengan beberapa jenis asuransi. Untuk tahu jenis asuransi mana yang tepat, yuk kenalan dengan beragam asuransi mobil sekarang.

Asuransi TLO (Total Lost Only)

Asuransi-Mobil-TLO

Sesuai namanya, asuransi ini bisa diklaim jika terjadi kehilangan total. Kehilangan yang dimaksud di antaranya, mobil hilang akibat pencurian, perampasan di jalan atau kerusakan parah pada mobil akibat kecalakaan. Untuk kerusakan, klaim baru bisa dilaksanakan jika mobil rusak di atas 75%, jika kurang dari 75%, kamu belum bisa mendapat ganti rugi atas kerusakan. Dari mana taunya kalau rusak sudah hingga 75%? Patokannya ada di bisa tidaknya mobil digunakan kembali. Premi asuransi TLO jauh lebih rendah dibanding asuransi all risk.

Asuransi All Risk

Asuransi ini disebut juga sebagai asuransi komperhensif. Asuransi ini akan membayar semua klaim untuk semua jenis kerusakan, dari sekedar lecet, rusak ringan, rusak berat, hingga kasus kehilangan. Hanya saja, jika dibandingkan asuransi TLO, premi asuransi All risk jauh lebih mahal. Ini wajar mengingat luasnya cakupan asuransi All risk.

Untuk premi asuransi TLO, biasanya nilai asuransi mobil rata-rata 0.8%-1%. Jadi, jika mobilmu seharga 300 juta, maka 0.8% X RP 300.000.000 = Rp 2.400.000 => ini adalah harga premi TLO yang harus kamu bayarkan tiap bulan.

Sedangkan untuk All risk, nilai rata-ratanya adalah 2% – 3%. Namun, ada beberapa asuransi yang menyediakan nilai asuransi 1.5% khusus kendararaan dengan harga di atas 500 juta. Untuk contoh, berikut hitungan premi asuransi yang harus dibayar jika mengambil rata-rata di 2%.

2% x 300.000.000 = Rp 6.000.000 => ini harga premi All Risk yang kamu bayarkan tiap bulan.

Bingung ingin ambil asuransi yang mana? Tenang, sekarang kamu bisa memilih asuransi mobil klaim mudah yang cocok dengan kebutuhanmu di Futuready. Percayakan keamanan mobilmu pada Futuready.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *