5 Tips Belanja Perlengkapan Bayi dengan Budget Rendah

Perlengkapan-pakaian

Menjelang lahirnya sang buah hati, calon mama akhirnya mulai krasak-krusuk mencari perlengkapan bayi. Untuk kelahiran anak pertama, seringnya, calon mama khilaf saat belanja perlengkapan bayi. Saat berada di baby shop, ibu hamil biasanya akan membeli berbagai macam perlengkapan bayi, hingga tak sadar bahwa dirinya harus keluar budget yang sangat banyak. Selain biaya persalinan, biaya perlengkapan bayi juga membutuhkan budget yang tidak sedikit. No problem jika kamu punya budget yang banyak, namun bagaimana jika budget-mu pas-pasan? Oke jangan khawatir, berikut ini kamu akan menemukan 5 tips belanja perlengkapan bayi dengan budget rendah.

  1. Tahu Apa yang Harus Dibeli

Karena sudah terbayang betapa lucunya sang buah hati kelak, banyak ibu hamil yang terlalu terburu-buru saat belanja perlengkapan bayi. Jika kamu punya plan membeli perlengkapan bayi, ada baiknya jangan terlalu terburu-buru. Tetap tenang dan buatlah daftar belanjaan. Jangan asal pergi ke baby shop untuk beli perlengkapan bayi, kamu harus tahu dulu apa kebutuhan bayi yang paling penting. Beberapa item paling penting yang mesti kamu masukan dalam shopping list yaitu atasan lengan pendek dan panjang, atasan lengan buntung, celana pendek dan panjang, singlet, kaus kaki, topi, bedong bayi, dan sarung tangan. Masukan beberapa item terpenting terlebih dahulu, baru masukan item tambahan lainnya.

2. Minimalisir Pembelian Perlengkapan yang Biasa Didapatkan Dari Kado

Jika kamu punya banyak teman, keluarga, dan rekan kerja, tentunya kamu akan mendapatkan banyak sekali kado saat sang buah hati lahir ke dunia. Bisa ditebak, kado biasanya berisikan perlengkapan bayi yang paling standar seperti baju bayi, kaus kaki, sarung tangan bayi, perlengkapan mandi, dan lainnya. Jadi untuk meminimalisir budget, sebaiknya kurangi pembelian perlengkapan bayi yang biasa didapatkan dari kado. Kamu berkesempatan mendapatkan banyak sekali keperluan bayi dari kado-kado yang kamu dapat dari teman, keluarga, dan rekan kerja. Jadi tak perlu shopping perlengkapan bayi secara berlebihan, karena kamu bisa mendapatkan barang yang kamu butuhkan dari kado-kado yang kamu dapatkan nantinya.

3. Popok Sekali Pakai atau Popok Kain?

Salah satu perlengkapan bayi yang paling banyak menguras budget yaitu popok. Intensitas buang air bayi yang baru lahir sangatlah tinggi, jadi calon mama mesti mempertimbangkan pembelian popok bayi dalam jumlah besar. Pertanyaannya yaitu apakah akan menggunakan popok sekali pakai atau popok kain? Popok sekali pakai memang dapat mempermudah kerja seorang ibu. Namun dari sisi budget, popok sekali pakai ini bakalan menguras uang yang sangat banyak. Solusinya yaitu dengan menggunakan popok kain, namun kekurangannya yaitu sangat tidak efisien karena seorang ibu mesti mencucinya berulang-ulang. Jalan tengahnya yaitu 50:50, artinya porsi pembelian popok kain dan popok sekali pakai mesti seimbang.

4. Membeli Barang yang Multifungsi

Sebelum membeli perlengkapan bayi di pasaran, ada baiknya kamu memperbaiki dulu mindset-mu. Berpikirlah bahwa barang yang kamu beli itu multifungsi dan dapat bertahan hingga waktu yang lama. Misalnya seperti baby box, dimana daripada membeli yang berukuran kecil, lebih baik membeli yang berukuran agak besar agar bisa bertahan hingga si anak tumbuh besar. Sumber terbaik menemukan perlengkapan bayi multifungsi yaitu dengan mengunjungi situs Orami Bilna. Berbagai perlengkapan bayi murah Orami Bilna bisa kamu tebus dengan harga yang sangat miring. Tak hanya itu, Orami Bilna juga sangat sering menawarkan diskon dengan presentase gila-gilaan.

5. Sewa Saja!

Terkadang karena terlalu terburu-buru, calon mama akhirnya membeli berbagai perlengkapan bayi yang sebenarnya tidak terlalu penting. Beberapa perlengkapan yang sifatnya aksesoris sebenarnya tidak mesti dibeli, karena kamu bisa menyewanya. Salah satunya yaitu stroller, dimana kamu bisa menyewanya dengan mudah di tempat-tempat penyewaan perlengkapan bayi. Beberapa item lainnya yang bisa kamu sewa yaitu car seat, baby bouncer, baby jogger, berbagai mainan bayi, dan lainnya.

Sepintas, membeli perlengkapan bayi memang terlihat mudah. Alhasil, banyak sekali calon mama yang mesti keluar budget terlalu banyak hanya karena menyepelekan pembelian perlengkapan bayi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *